Skip to main content

How to : Study Well


Hello kalian! Hari ini gue mau share cara belajar yang baik versi gue. Belajar itu penting banget ya. Terutama buat kita para pelajar. Selain kewajiban, belajar juga membuat kita lebih banyak tahu dan lebih banyak ilmu. Kalau sudah lebih banyak tahu dan lebih banyak ilmu insyaallah suatu hari nanti, cita-cita kita bisa tercapai. Dan kita bisa membahagiakan diri kita sendiri, membanggakan orang tua, mengharukan nama bangsa dan yang paling penting, membuat 'iri' haters kita.

Tapi, kadang-kadang kita tuh males buat belajar. Karena jelas lah ya.. nonton Zayn Malik konser itu lebih asyik daripada belajar. Belajar itu jenuh! Menuntut kita untuk membaca sesuatu yang sama sekali nggak interesting untuk kita. Eh! Jangan mikir begitu dulu! Gue awalnya juga sama kaya kalian-kalian. Males banget buat belajar. Membosankan! Lebih asyik nonton oppa. Tapi belajar itu nggak selamanya menjenuhkan lo!

Dengan teknik dan trik-trik jitu. Kita bisa banget belajar dengan enjoy dan menyenangkan! Apa aja sih rahasianya? Let's check this out!

1. CARI WAKTU TERNYAMANMU UNTUK BELAJAR

cr : randomness (thumb.)

Kalau gue sih, biasanya nyari-nyari waktu ternyaman gue buat belajar dulu. 'Kan setiap orang nggak sama ya soal hal ini. Ada yang lebih nyaman belajar shubuh pas jam empatan, atau siang habis pulang barang kali atau bahkan malem-malem sambil setengah begadang kaya gue. Cuma kalian-kalian ini yang tahu pasti waktu ternyaman kalian.

Kalau udah dapet, kasih tau gue dong kapan waktu ternyaman kalian buat belajar?

2. MEMBACA? MERINGKAS ATAU MENDENGARKAN?

cr : pinterest


Apa maksudnya nih?

Maksudnya gini guys. Gue pernah baca kalau semua anak itu punya 'Learning Style' masing-masing. Dan kalau bagi gue ya, gaya belajar itu ada banyak banget. Mulai dari membaca, meringkas, mendengarkan, menonton video pembalajaran atau menyelesaikan masalah. 

Mmm, masing bingung ya lo itu tipe yang mana? Oke, gue bantu nyari!

Pertama, kalo lo adalah tipe orang yang dengan membaca saja sudah bisa memahami suatu materi yang dimaksudkan berarti elo adalah penganut gaya belajar membaca. Kaya gimana sih contohnya? Gini, semisal kalian membaca riddle, membaca satu dua kali saja kalian sudah bisa menemukan jawaban dari riddle itu maka membaca adalah style kalian!

Kedua, kalau lo adalah tipe orang yang bisa memahami keterangan, dan bacaan mengenai suatu materi tapi susah mengingat materi itu, bisa jadi kalian adalah penganut 'memecahkan masalah', atau 'meringkas'.  Biasanya sih kedua style itu saling berhubungan. Jadi dua gaya belajar itu patut banget buat kalian coba! Manjur, kok~! Gue salah satu contohnya, hehehe :)

Ketiga, kalau lo udah memebaca, udah nyatet, udah ngerjain soal tapi kok tetep gak paham-paham, berarti lo adalah penganut 'menonton video pembalajaran' atau 'mendengarkan keterangan seseorang'. Saran gue sih, kalau kalian penganut style ini. Coba bikin kelompok belajar sama temen-temen kamu. Jadi kalau kalian kuran bisa terhadap beberapa materi, bisa lo tanya deh ke temen lo. Atau kalau nggak gitu, bisa ikut les, atau (yang menurut gue jauh lebih baik ya) les privat. 

Nggak punya budget yang memadahi? No problem! 'Kan ada Youtube! Banyak kok video pembalajaran yang bisa kita tonton di youtube. Selain itu kan sekarang udah ada tuh ya Quipper Video. Semakin terbantu, deh kesulitan belajar kalian!

3. CATATAN HARUS KEREN

cr : pinterest

Buat gue si penganut 'meringkas', catetan itu emang segala-galanya. Maka dari itu supaya nggak jenuh pas ngeliat buku catatan lo, perlu banget ketrampilan untuk ngebuat buku lo keliatan keren. Lo bisa bikin DIY notebook atau mungkin beli binder transparan dan bikin cover-nya sendiri. Selain itu bikin catetan kalian se-rapi dan sewarna-warni mungkin, biar kita tuh ngeliatnya nggak jenuh dan males, kaya punya gue nih;





Dicoba deh! Siapa tau makin semangat!

3. DIBAWA SANTAI AJA

cr : tumblr

Stres bikin pusing. Bikin gelagapan. Mending bawa santai aja! Betul kan?

Makanya belajar itu jangan dibawa susah! Dibawa santai aja! Gimana caranya? Ya, sambil belajar sambil merileks kan diri. Entah itu makan, ngedengerin musik, ngopi, atau tiduran. Lakukanlah hal yang menurut kalian mengasyikan tapi nggak menganggu acara belajar-belajar kalian. Dijamin gak bakal bosen!


4. KONSISTEN

cr : tumblr

Kalau sudah tahu kapan waktu ternyamanmu buat belajar, sudah tau gaya belajarmu, sudah mempercantik buku catatanmu, dan sudah belajar dengan cara yang santai. Hal selanjutnya yang kalian lakukan harus konsisten! Supaya hasil belajar bisa maksimal!

Sekian deh tulisan gaje gue ini. Yuk kita sama-sama belajar! Demi kemajuan bangsa kita! #IndonesiaPintar

Comments

  1. Aaaa, Kak Dza, thx so much for the tips :") I really need tips to study well, krn serius, UN sudah di depan mataaaaaaaa. THX SO MUCH! and btw, aku keknya tipe meringkas deh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seneng banget deh kalo artikel ini bisa bantuin kamu~
      wah mau UN? Semoga sukses yaa~

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kampanye Random People

Pernah nggak sih kepikiran, 'Ah, postingan gue random banget gila'. Nggak berfaedah dan lebih parahnya lagi, nggak ada visitors yang sudi baca apalagi menanggalkan komen di kolom komentar! Duh, kehidupan di alam dunia yang fana ini sudah anti-sosial-sosial-club, masa di dunia maya sebegitu suramnya. Karena saya juga merasakan hal suram itu gue pun memutuskan untuk bikin;   Random ( noun .) tidak teratur. jadi pemikirannya sedang tidak taratur/acak- acakan. Begitulah kiranya random menurut kitab gaul. Nah jadi maksudnya Random People tuh apa sih? Jadi seperti yang udah dipapakarkan diatas ya, ini kampanye khusus buat kalian yang blognya berkonsep 'aku' banget. Nge-post se-egois kamu, apapun yang kamu suka, kamu post begitu aja, masa bodo mau ada yang komen apa enggak. Nah, saya pengen ngajak blogger setipe itu untuk bareng-bareng saling men support satu sama lain. Kali aja nanti kita bisa jadi komunitas yang besar dan punya kegiatan sosial juga, iya kan?

What Should You Do After Joined #RandomPeople

[₁] Maaf nih sebelumnya. Setelah di cek lagi ternyata oh ternyata. Kami lupa masang di formulir tentang url blog kalian. Hehe, pasti nih ada beberapa dari kalian yang juga sudah merasakan kejanggalan ini. Iya kan? Nah, untuk itu kami minta tolong sama kalian untuk ngasih tau url blog kalian lewat komentar.  Formulirnya sudah di update. Tapi bagi kalian yang merasa belum, please  kasi tau url blog kalian di kolom komentar atau di c-box. [₂]   GROUP CHAT KITA SEKARANG ADA DI HANGOUT.   Jangan merasa nggak punya Hangout ya gengs. Aplikasi dari Google ini adalah aplikasi yang umumnya tersedia sebagai aplikasi default di android kamu. Ketika kamu punya akun Google+ otomatis kamu dapat memakai semua layanan Google kan? Termasuk, Hangout. Tetapi kami membutuhkan e-mail kalian nih, untuk masukin kalian ke Groupchat kita.  SO, MAKE SURE YOUR E-MAIL IS RELEVANT, USED AT YOUR BLOGGER AND GOOGLE PLAY ACCOUNT. THANKS. [₃] Namanya komunitas online. Nggak lengkap banget kalau nggak ada

GROUP CHAT?

Hai hai! Maaf ya guys sebelumnya ini pengumuman telat banget. Habisnya namanya juga anak baru keun :3 sibuk diMOS. So, yeah nggak usah panjang-panjang langsung deh kita urai dulu kenapa, apa. manfaat, dari dibuatnya grup ini. Kok Line? Line adalah grup chat besutan NAVER. Setelah Blackberry Messenger, Line adalah aplikasi tukar pesan instan yang paling digunakan dinegara kita, Indonesia ini. Setelah dilihat dari banyak ulusan, sepertinya para randomers pada punya Line, deh. Yang merekomendasikan untuk memakai GC Line juga lebih banyak dari pada rekan sejawatnya, seperti WhatsApp, Hangouts dan lain-lain. Selain itu dengan banyaknya stiker imut yang disediakan Line, group chat kita pasti jadi terkesan lebih hidup! Ngobrol-ngobrol Cantik Seperti yang udah pernah disampaikan di post-post sebelum ini--yang ber-tag #RandomPeople. Udah dijelasin ya kalau kita itu grup online yang landasan idiilnya adalah mencari teman seperjuangan? Nah! Dengan adanya fasilitas groupchat kalian