Skip to main content

Bumi Manusia Yang Nggak Semanusia Itu

Aku masih ingat banget waktu temenku cerita. Dia bilang, Iqbal akan kembali membintangi sebuah judul pilem baru! Aku ketawa, Opo lho? Dilan 3? (Apa emang? Dilan 3?), kataku dengan muka senewen. Maklum, masih kebayang-bayang. Ketika dia bilang judul pilemya 'Bumi Manusia'--adapatasi novel Pram, pula!--aku terkejoed bukan main. Persis reaksiku sewaktu Hugh Jackman memutuskan pensiun dari Wolverine, aku penasaran, Apakah Iqbal bisa pull-off seorang Minke dari stigma Dilan?


Minke, seorang pria muda yang selalu haus akan ilmu pengetahuan. Tapi ngebet pengen jadi londo. Maklum, ketika Surhoff (teman sekelasnya di HBS. Setengah Belanda) mengajak dia berkunjung ke tempat kawan klub sepak bolanya, dia mau-mau saja.

Disana Minke bertemu dengan keluarga Melemma. Robert Melemma (Giorgino Abraham), anak tertua keluarga itu. Annaleise (Mawar Eva De Jough), si mawar cantik tiada tanding, dan Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febrianti), seorang nyai yang jauh dari interprestasi Minke tentang perempuan pribumi simpanan meneer Belanda. Dari situlah perjalanan Minke menjelajah Bumi Manusia dimulai.

Nyai Ontosoroh! Tante Ine benar-benar cocok memerankan strong woman satu ini! Totally stole the show! Tiap adegan terasa kuat ketika Ontosoroh ada didalamnya. Karismanya langsung menusuk ulu hatiku, ketika beliau ngendika kepada Minke, Bukan anak pejabat, bukan anak bupati tapi sekolahnya di HBS? Wah, heboh satu bioskop! Sementara Minke cuma bisa diam, persis kaya monyet kecolongan. Mawar Eva juga gokil banget memerankan Annelise, pantas saja Minke klepek-klepek.

Bupati Soerabaia juga begitu! Sewaktu Melemma melaporkan Minke ke polisi, aku sebenernya bertanya-tanya, mengapa surat penangkapanya tertulis panggilan dari Bupati? Aku makin bingung ketika dokar Minke berhenti di Kadipaten. Ah! Ternyata anak ini sekolah di HBS karena dia Anak Bupati! Gitu pakai bohong segala! Menurutku Donny Damara benar-benar menggambarkan tipikal strich-Javanesse-Dad yang kuketahui selama ini. Dialog tak sampluk raimu kene! gets me everytime.

Komedinya fresh. Aku suka bagaimana Hanung menggunakan Darsam sebagai ice breaker yang sangar, wkwk!

Ngomongin set dan sinematografi? Oh, gradingnya! Falcon banget! tapi aku bisa nangkep maksud retronya. Totally okay with that.

Nah, ini nih.

Well, Hanung Bramantyo harus baca hamdalah, karena Nyai Ontosoroh menghadiri 70% adegan Bumi Manusia. Karena tanpa beliau, film ini tak ubahnya drama percintaan dengan latar sejarah. Ketika film dimulai dengan Bahasa Belandanya Surhoff, si indo yang ngebet londo totok, film ini terasa menjanjikan. Tapi begitu Minke ketemu Annelise, plotnya langsung lari terbirit-birit.

Akibatnya, banyak karakter-karakter menarik yang kurang diexplore. Surhoff, contohnya. Obsesinya jadi londo totok nggak pernah dikasih tau origin-nya. Padahal kalau seandainya kita tahu, rasa-rasanya karakter Surhoff pasti bakal lebih mengundang banyak empati. Siapa lagi? Melemma. Bapaknya Minke, Jan Dapperste. Jangankan, Jan. Minke sendiri juga biasa aja. Iqbal rupanya belum bisa pull-off karakter Minke dari stigma Dilan.

Isu-isu yang coba Hanung angkat di film ini juga kurang mengena. Ada alasan yang belum ikut serta didalam aksi Melemma yang brutal, atau tindakan Ah Tjong yang tega membunuh pelanggan setianya. Kemelut Nyai Ontoroh, simpanan meneer yang mengelola perkebunan suaminya. Serta pride Minke sendiri. Semua isu yang membuat Bumi Manusia terbentuk, tak Hanung ceritakan dengan indah, meski bertalu selama tiga jam lebih. Karakter Annalies yang tadinya mengesankan, jadi terasa plain karena development characther yang berlubang.

Ngomongin teknis, aku cuma mau komplain satu hal, ; SET! Hanung Bramantyo selalu keren dalam membuat set jaman dahulu. Makanya kita mengenal dia sebagai spesialis film sejarah Indonesia. Tapi Bumi Manusia? Bih, NO! Secara grading mungkin aku masih bisa diam. Tapi properti dan sebagainya. Aduh, terasa artifisial banget!

Tapi, dengan semua kekurangan itu, bukan berarti Bumi Manusia kehilangan feel. Aku masih nangis kok waktu Anneliese menyerahkan anting pada Minke dan bilang, 'Mas, kita 'kan pernah bahagia. Ingat itu saja!'. Meski `kurang terampaikan dengan baik aku juga masih bisa nangkep maksud cerita ini.

Image result for thumbsup68%






Comments

  1. Halo Dza! Baru sempet blogwalking dan mampir ke tempatmu and I am really surprised! Huhu template barumu bagus bangeeet, ajarin aku dong buat ngedesain codingnya... :(

    Btw kamu udah baca novel Bumi Manusia-nya? Seems like bakal seru kalau kita juga diskusi tentang itu hehe. Keep up the good works ya, selamat dan semangat jadi kelas 12! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Kak! Wahh aku merasa terhormat blog-ku dikunjungin kakak!

      Aku enggak baca Bumi Manusia, sih. Tapi banyak temen-temenku yang emang baca merasa bahwa karakter Minke di novel dan digilm beda banget.

      Terimakasih semangatnya!

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kampanye Random People

Pernah nggak sih kepikiran, 'Ah, postingan gue random banget gila'. Nggak berfaedah dan lebih parahnya lagi, nggak ada visitors yang sudi baca apalagi menanggalkan komen di kolom komentar! Duh, kehidupan di alam dunia yang fana ini sudah anti-sosial-sosial-club, masa di dunia maya sebegitu suramnya. Karena saya juga merasakan hal suram itu gue pun memutuskan untuk bikin;   Random ( noun .) tidak teratur. jadi pemikirannya sedang tidak taratur/acak- acakan. Begitulah kiranya random menurut kitab gaul. Nah jadi maksudnya Random People tuh apa sih? Jadi seperti yang udah dipapakarkan diatas ya, ini kampanye khusus buat kalian yang blognya berkonsep 'aku' banget. Nge-post se-egois kamu, apapun yang kamu suka, kamu post begitu aja, masa bodo mau ada yang komen apa enggak. Nah, saya pengen ngajak blogger setipe itu untuk bareng-bareng saling men support satu sama lain. Kali aja nanti kita bisa jadi komunitas yang besar dan punya kegiatan sosial juga, iya kan?

What Should You Do After Joined #RandomPeople

[₁] Maaf nih sebelumnya. Setelah di cek lagi ternyata oh ternyata. Kami lupa masang di formulir tentang url blog kalian. Hehe, pasti nih ada beberapa dari kalian yang juga sudah merasakan kejanggalan ini. Iya kan? Nah, untuk itu kami minta tolong sama kalian untuk ngasih tau url blog kalian lewat komentar.  Formulirnya sudah di update. Tapi bagi kalian yang merasa belum, please  kasi tau url blog kalian di kolom komentar atau di c-box. [₂]   GROUP CHAT KITA SEKARANG ADA DI HANGOUT.   Jangan merasa nggak punya Hangout ya gengs. Aplikasi dari Google ini adalah aplikasi yang umumnya tersedia sebagai aplikasi default di android kamu. Ketika kamu punya akun Google+ otomatis kamu dapat memakai semua layanan Google kan? Termasuk, Hangout. Tetapi kami membutuhkan e-mail kalian nih, untuk masukin kalian ke Groupchat kita.  SO, MAKE SURE YOUR E-MAIL IS RELEVANT, USED AT YOUR BLOGGER AND GOOGLE PLAY ACCOUNT. THANKS. [₃] Namanya komunitas online. Nggak lengkap banget kalau nggak ada

GROUP CHAT?

Hai hai! Maaf ya guys sebelumnya ini pengumuman telat banget. Habisnya namanya juga anak baru keun :3 sibuk diMOS. So, yeah nggak usah panjang-panjang langsung deh kita urai dulu kenapa, apa. manfaat, dari dibuatnya grup ini. Kok Line? Line adalah grup chat besutan NAVER. Setelah Blackberry Messenger, Line adalah aplikasi tukar pesan instan yang paling digunakan dinegara kita, Indonesia ini. Setelah dilihat dari banyak ulusan, sepertinya para randomers pada punya Line, deh. Yang merekomendasikan untuk memakai GC Line juga lebih banyak dari pada rekan sejawatnya, seperti WhatsApp, Hangouts dan lain-lain. Selain itu dengan banyaknya stiker imut yang disediakan Line, group chat kita pasti jadi terkesan lebih hidup! Ngobrol-ngobrol Cantik Seperti yang udah pernah disampaikan di post-post sebelum ini--yang ber-tag #RandomPeople. Udah dijelasin ya kalau kita itu grup online yang landasan idiilnya adalah mencari teman seperjuangan? Nah! Dengan adanya fasilitas groupchat kalian